Jumat, 05 April 2013

Ramah Lingkungan


TAK SELAMANYA SAMPAH ITU MENJADI SESUATU YANG MENYEBALKAN.


Pada saat era globalisasi ini, kita tahu bahwa telah terjadi pembangunan yang berlangsung secara terus – menerus sehingga mengakibatkan lahan – lahan perkebunan dan pertanian semakin sempit. Sungguh mengharukan keadaan seperti ini. Bahkan jika kita lihat disebuah pedesaan, disana pun pembangunan sudah mulai berkembang seperti Supermarket, pabrik – pabrik, dll. Nah tentunya dari deskripsi diatas sudah pasti global warming atau pemanasan global akan terjadi karena berkurangnya lahan – lahan tersebut.

Tidak hanya itu saja, coba kita lihat pada aliran sungai, danau, dll. Disana banyak tumpukan – tumpukan sampah entah sampah plastik, kertas, bahkan ada kasur juga yang mana akan mengganggu laju air. Seharusnya sampah tersebut masuk pada tempat pembuangan sampah bukan sungai atapun danau. Hal ini terjadi karena tingkat kesadaran masyarakat akan bahayanya sampah – sampah masih cukup kurang. Jika terjadi banjir mereka hanya mengeluh namun tidak berpikir bahwa apapun yang mereka lakukan akan berdampak pada diri mereka sendiri. Sungguh bahaya sampah – sampah tersebut jika hanya diabaikan saja.

Dalam dunia yang serba modern kita harus bisa melihat peluang yang ada. Setelah kita mengetahui betapa bahayanya sampah – sampah baik plastik, kertas, maupun sampah lain, tidak seharusnya kita hanya berdiam diri saja. Alangkah baiknya jika kita kembangkan sampah – sampah itu menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual dan juga memiliki fungsi. Ya dengan kata lain kita menciptakan sebuah produk yang lebih ramah lingkungan. Tentunya dengan terus mencoba menciptakan sesuatu yang baru, kreativitas kita pun perlahan – lahan akan mulai muncul. Seperti contoh, dari sampah – sampah tersebut kita bisa membuat tempat pensil dari berbagai bahan, tas, sandal, dll. Disisi lain kitapun bisa memperoleh penghasilan dari penjualan hasil karya yang telah kita buat tersebut.

Segala sesuatu yang kita anggap hal yang kecil bisa menjadi suatu hal yang cukup besar jika kita hanya mengabaikannya dan menyepelekannya. Hal kecil yang kita lakukan pasti akan berguna bagi orang lain pula. Oleh karena itu marilah ciptakan suasana yang hijau berseri terutama kita mulai dari sekeliling kita terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar