ALASAN PERUSAHAAN GO
INTERNASIONAL
1. Pasar
global memberikan peluang yang besar dan pengembalian yang lebih tinggi atas
investasi untuk bisnis dengan kemampuan dan tekad untuk berhasil dalam
lingkungan yang sering dikenal.
2. Penurunan
pasar dalam negeri dan peluang yang cerah diluar negeri
3. Untuk
menggunakan kelebihan kapasitas produksi
4. Untuk
mengurangi resiko beroperasi disuatu pasar geografis
PERJANJIAN INTERNASIONAL dan
ALIANSI EKONOMI
1. GATT
Bertujuan untuk menetapkan
seperangkat aturan untuk mengatur dan menyelesaikan konflik dalam perdagangan
internasional
2. ECONOMIC
ALLIANCES
European Community (EC)
Didirikan pada 1958. Pada saat ini memiliki 12 anggota negara.
Perjanjian EC meliputi:
a) Penghapusan
hambatan perdagangan antara negara – negara anggota untuk memungkinkan
pergerakan bebas barang, orang dan modal.
b) Penciptaan
standar produk teknis yang seragam diantara negara anggota
c) Penciptaan
seperangkat seragam peraturan keuangan
3. NAFTA
NAFTA menciptakan aliansi
ekonomi antara amerika, mexico, dan kanada pada 1 januari 1994. Nafta
menyediakan penghapuskan tarif bertahap dan hambatan nontarif pada perdagangan
regional selama 10 tahun. Juga menetapkan perdagangan bebas produk pertanian
antara mexico dan amerika selama 15 tahun.
4. ASEAN
ASEAN diratifikasi pada 1967
oleh singapura, thailand, malaysia, Indonesia, dan filipina. Brunei darusalam
baru bergabung pada 1984 ketika mencapai kemerdekaannya. ASEAN telah
menghasilkan kerjasama dalam bidang pendidikan, pengendalian populasi, dan
pertukaran budaya. Ada juga pembagian minyak mentah dan produk minyak bumi.
5. MNC
Adalah organisasi yang
melakukan bisnis di 2 negara/lebih. Biasanya perusahaan – perusahaan ini
memiliki kantor penjualan dan fasilitas manufaktur diberbagai negara.
FOKUS MANAGEMENT
1. Aspek
keputusan organisasi untuk memasuki pasar internasional
2. Unsur
– unsur utama dari lingkungan internasional dan dampaknya terhadap bisnis
3. Penerapan
fungsi manajerial dalam konteks internasional
KEPUTUSAN MNC
1. Internasional
market to be served
Menargetkan suatu negara
untuk expansi internasional yang melibatkan pertimbangan banyak aspek
lingkungan calon negara. Bisnis internasional banyak menekankan ukuran pasar di
negara calon tuan rumah, Kekayaan negara konsumen (pendapatan perkapita), dan
mudah dalam melakukan bisnis dipasar. Dalam menilai kriteria yang terakhir,
organisasi mempertimbangkan komunalitas, hubungan pemerintah dengan bisnis, dan
ketersediaan karyawan dengan keterampilan yang bisnis butuhkan.
2. Product
of services to be marketed
Apakah produk atau jasa yang
harus organisasi hasilkan dipasar organisasi ? dalam menjawabnya, banyak
perusahaan memilih untuk metode shot-in-the-dark: beberapa perusahaan
menggunakan pendekatan internasional bertahap.
3. Mode
of entry
a) Sourcing.
Sumber penggunaan tenaga kerja dinegara – negara dimana biaya tenaga kerja
berada pada tingkat rendah.
b) Export.
Melibatkan penjualan produk dipasar internasional tanpa mendirikan fasilitas
manufaktur disana.
c) Foreign
activities. Keputusan ini biasanya menidirikan fasilitas produksi dan pemasaran
dinegara tuan rumah. Asosiasi ini biasanya mengambil bentuk lisensi atau usaha
patungan.
d) Direct
investment. Bisnis membeli/membangun fasilitas manufaktur diluarnegeri untuk
sejumlah alasan. Direct investment mengurangi fasilitas biaya manufaktur karena
tenaga kerja dan biaya lainnya lebih rendah. Juga memungkinkan bisnis untuk
menghindari tarif dan biaya pemerintah lainnya yang dikenakan terkait dengan
ekspor.
LINGKUNGAN MNC
1. Budaya.
Masyarakat yang berbeda memiliki budaya yang berbeda. Keragaman budaya ini
mempengaruhi persepsi individu dan perilaku individu.
2. Ekonomi.
Pengaruh ekonomi suatu negara tuan rumah secara substansial mempengaruhi
kinerja MNC. MNC harus selalu menyadari stabilitas ekonomi masing – masing
negara tuan rumah dan diawasi secara ketat.
3. Politik.
Pengaruh politik dilingkungan tuan rumah secara substansial dapat mempengaruhi
semua fungsi manajerial dari MNC dan dapat menentukan keberhasilan akhir dari
operasi internasional MNC.
3 faktor paling signiikan
mempengaruhi operasi MNC dan kinerjanya :
a) Sikap
pemerintah
b) Efisiensi
pemerintah
c) Stabilitas
pemerintah
4. Teknologi.
Manager internasional harus menentukan bagaimana tingkat teknologi dinegara –
negara asing yang dapat mempengaruhi operasional dan sumber bahan baku, energi,
dan transportasi mereka.
sngat bermanfaat
BalasHapus