Jumat, 26 April 2013

Marketing berwirausaha


MARKETING DALAM BERWIRAUSAHA

Pemasaran yaitu bagaimana cara kita menemukan ide untuk menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place). Dan tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai dan dibutuhkan oleh konsumen.

4P dalam pemasaran ;

1)    Program
Produk yang dihasilkan harus memiliki nilai jual serta manfaat. Misalnya dalam pembuatan produk obatsakit kepala, apakah ada efek samping yang akan dialami oleh konsumen. Jika ada efek sampingnya harus dicantumkan pada kemasan produk tersebut agar konsumen tahu.

2)    Price
Bagaimana membuat produk dengan harga murah sehingga bisa memuaskan konsumen.

3)    Place
Tempat untuk memasarkan produk. Kita bisa menggunakan media internet atau bisa dengan langsung berjualan.

4)    Promotion
Bagaimana cara memperkenalkan produk kepada konsumen.


Berwirausaha sangat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun perkembangan perekonomian suatu bangs.a. Ketika memulai usaha atau mengembangkan bisnis usaha yang sudah kita dirikan, pasti membutuhkan pengorbanan yang cukup besar, bahkan selalu dihadapkan pada ketidakpastian dan resiko yang tinggi. Dalam hal ini resiko merupakan suatu kendala di dalam berwirausaha, untuk itu kita harus mampu mengatasi resiko yang ada.

Tidak hanya resiko saja yang sudah pasti dihadapan kita, Peluang pasar pun demikian, tergantung dari bagaimana kita akan menggunakan peluang tersebut. Didalam menjalankan usaha seorang wirausaha harus memiliki strategi pemasaran untuk mempertahankan usahanya. Jika strategi pemasaran pruk mengalami kendala sudah pasti penjualan akan produk yang dijual tidak optimal atau mungkin bisa menyebabkan kebangkrutan.


KENDALA PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA

1.    Perencanaan strategi pemasaran tidak matang.

Hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam berwirausaha. Banyak wirausahawan yang tidak memperhatikan strategi pemasaran yang akhirnya penjualan produk mereka tidak sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

2.    Sasaran pasar yang salah

Sasaran pasar yang salah sangat sering terjadi di dalam berwirausaha. Sebelum menetapkan sasaran pasar seorang wirausaha perlu perencanaan yang matang. Terkadang para wirausahawan menjual produknya ke sasaran konsumen yang tidak tepat, hal ini membuat produk yang ditawarkan tidak diminati oleh konsumen. Misalnya, seorang pengusaha menjual produk lukisan dan sasaran pasarnya adalah masyarakat di daerah pemukiman yang mereka berpenghasilan pas-pas-an ataupun pada daerah kumuh. Sudah dapat dipastikan produk mereka sulit untuk dijual.

Jadi dalam pemasaran, seorang wirausaha harus menyusun strategi pemasaran terlebih dahulu. Karena dalam memasarkan produk diibaratkan sebagai suatu medan tempur bagi para produsen dan para pedagang yang begerak dalam komiditi yang sama maka perlu sekali diciptakan suatu strategi pemasaran, agar dapat memenangkan perperangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar