MARKETING DALAM BERWIRAUSAHA
Pemasaran yaitu bagaimana cara kita menemukan ide untuk
menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen
(product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk
dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen
(place). Dan tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang
dihasilkan disukai dan dibutuhkan oleh konsumen.
4P dalam pemasaran ;
1) Program
Produk yang dihasilkan harus memiliki nilai jual serta
manfaat. Misalnya dalam pembuatan produk obatsakit kepala, apakah ada efek
samping yang akan dialami oleh konsumen. Jika ada efek sampingnya harus
dicantumkan pada kemasan produk tersebut agar konsumen tahu.
2) Price
Bagaimana membuat produk dengan harga murah
sehingga bisa memuaskan konsumen.
3) Place
Tempat untuk memasarkan produk. Kita bisa menggunakan
media internet atau bisa dengan langsung berjualan.
4) Promotion
Bagaimana
cara memperkenalkan produk kepada konsumen.
Berwirausaha sangat memberikan manfaat baik bagi diri
sendiri maupun perkembangan perekonomian suatu bangs.a. Ketika memulai usaha
atau mengembangkan bisnis usaha yang sudah kita dirikan, pasti membutuhkan
pengorbanan yang cukup besar, bahkan selalu dihadapkan pada ketidakpastian dan
resiko yang tinggi. Dalam hal ini resiko merupakan suatu kendala di dalam
berwirausaha, untuk itu kita harus mampu mengatasi resiko yang ada.
Tidak hanya resiko saja yang sudah pasti dihadapan kita,
Peluang pasar pun demikian, tergantung dari bagaimana kita akan menggunakan
peluang tersebut. Didalam menjalankan usaha seorang wirausaha harus memiliki
strategi pemasaran untuk mempertahankan usahanya. Jika strategi pemasaran pruk
mengalami kendala sudah pasti penjualan akan produk yang dijual tidak optimal
atau mungkin bisa menyebabkan kebangkrutan.
KENDALA PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA
1. Perencanaan
strategi pemasaran tidak matang.
Hal
ini merupakan hal yang sangat penting dalam berwirausaha. Banyak wirausahawan
yang tidak memperhatikan strategi pemasaran yang akhirnya penjualan produk
mereka tidak sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.
2. Sasaran
pasar yang salah
Sasaran
pasar yang salah sangat sering terjadi di dalam berwirausaha. Sebelum
menetapkan sasaran pasar seorang wirausaha perlu perencanaan yang matang.
Terkadang para wirausahawan menjual produknya ke sasaran konsumen yang tidak
tepat, hal ini membuat produk yang ditawarkan tidak diminati oleh konsumen.
Misalnya, seorang pengusaha menjual produk lukisan dan sasaran pasarnya adalah
masyarakat di daerah pemukiman yang mereka berpenghasilan pas-pas-an ataupun
pada daerah kumuh. Sudah dapat dipastikan produk mereka sulit untuk dijual.
Jadi dalam pemasaran, seorang wirausaha harus menyusun strategi pemasaran
terlebih dahulu. Karena dalam memasarkan produk diibaratkan sebagai suatu medan
tempur bagi para produsen dan para pedagang yang begerak dalam komiditi yang
sama maka perlu sekali diciptakan suatu strategi pemasaran, agar dapat
memenangkan perperangan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar