Jumat, 07 Juni 2013

Etika Bisnis


ETIKA BISNIS DALAM KEWIRAUSAHAAN

Apa sih etika itu ? Etika adalah perilaku seseorang dalam bersosialisasi dengan lingkungannya. Lalu jika dikaitkan dengan bisnis atau usaha yang dijalankan pengertian dari Etika Bisnis adalah suatu kode etik perilaku seseorang berdasarkan aturan – aturan atau hukum yang ada dalam membuat keputusan atau memecahkan persoalan usaha. Mengapa etika bisnis sangat penting ? karena semua keputusan perusahaan sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh individu – individu yang menaungi perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis :
1.    Personal (Soft Skill)
Soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan lingkungannya. Adapun yang terkait dengan soft skill ;
a)    Integrity
Integritas (Integrity) adalah tindakan konsisten yang berlandaskan pada  nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukan ini. Dengan kata lain, “satunya kata dengan perbuatan”. Mengkomunikasikan maksud, ide dan perasaan secara terbuka, jujur dan langsung sekalipun dalam negosiasi yang sulit dengan pihak lain.
b)    Abundance Mentality
Para pakar psikologi menyebut mentalitas kemurahan hati yang besar itu sebagai abundance mentality alias mentalitas kelimpahruahan. Orang dengan mentalitas seperti ini tak pernah merasa kekurangan, dan oleh karenanya tak ragu untuk berbagi kepada orang-orang di sekitarnya.
c)    Maturity
Kematangan Pribadi (Maturity) adalah kemampuan untuk mengendalikan diri (self control) sehingga tidak mudah terpancing oleh reaksi apapun.

2.    Teknis (Hard Skill)
Hard Skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan dan teknis sesuai dengan bidang ilmunya. Adapun beberapa hal yang terkait dengan hard skill ;
a)    Knowledge
Pengetahuan (knowledge) adalah sebuah keakraban dengan seseorang atau sesuatu, yang dapat mencakup fakta, informasi, deskripsi, atau keterampilan yang diperoleh melalui pengalaman atau pendidikan.
b)    Skill
Skill adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan aktivitas atau kegiatan sesuai dengan profesinya.
Terkait dengan etis (etika) ada yang namanya services. Apa sih itu ? Services merupakan pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini. Perusahaan harus sebisa mungkin memberikan pelayanan terbaiknya kepada konsumen agar mereka merasa nyaman dalam berbisnis dengan perusahaan yang kita jalani. Perhatika gambar berikut !

Hard skill + Soft skill     
Cost . Time . Mengeluh

Apa maksud dari gambar diatas ? dibagian atas ada Hard Skill yang berkaitan dengan sertifikasi yang kita miliki. Soft Skill berkaitan dengan personal atau kemampuan individu. Pada bagian bawah terdapat kata mengeluh, terus apa hubungannya sama Time, dan Cost ? jika seseorang mengeluh ia akan bermalas – malasan dalam segala hal. Artinya dalam konteks diatas sudah pasti ia akan membuang – buang waktu, sehingga biaya pun akan naik akibat dari adanya rasa mengeluh tersebut. Nah oleh karena itu, Seberapa orang yang hebat namun jika dalam dirinya terdapat rasa mengeluh maka ia akan selalu menghabiskan uang, dan waktunya dalam hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar